Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, May 30, 2010

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan adalah salah satu factor penggerak pembangunan. Maju mundurnya suatu negara dipengaruhi oleh maju mundurnya pendidikan. Namun kenyatannya justru mutu pendidikan di Indonesia masih kurang. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap bidang pendidikan adalah salah sati factor penyebabnya.
Selain system pendidikan yang buruk, biaya pendidika yang mahal menjadi penyebab buruknya pendidikan di Indonesia. Tidak sedikit dari anak-anak yang berprestasi datang dari kalangan ekonomi menengah ke bawah yang pada akhirnya tidak mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.
Untuk itu, dalam upaya memperbaiki pendidikan di Indonesia, pemerintah mencanagkan program sekolah gratis. Program ini mempunyai sasaran anak yang kurang mampu. Dengan adanya program ini diharapkan mampu menjembatani anak yang kurang mampu untuk dapat menempuh jenjangg pendidikan yang lebih tinggi.
Namun dalam penerapannya masih banyak kendala yang ditemui, sehingga kurang membidik sasaran yang diinginkan. Salah satunya, banyak siswa yang mampu justru menikmati program ini sehingga biaya yang dibebankan semakin ringan. Sedangkan banyak siswa yang kurang dan tidak mampu tidak dapat menikmati program sekolah gratis ini.

No comments: