Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Monday, May 30, 2011


“Bertahajudlah kamu pada sebagian malam hari sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra:79)

Awal mula Sholat Tahajud disyariatkan Allah berfirman, Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk Shalat) di malam hari.” (QS. Al-Muzammil:1-2)

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW: ” Ya Rosulullah, Shalat yang manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Beliau menjawab,” Shalat tahajud.” (HR Muslim)

Mengapa shalat tahajud dilakukan setelah tidur?
Dan tidur adalah istirahat yang sangat baik menurut ilmu kesehatan. Dengan tidur berarti terjadi proses pemulihan tubuh, penambahan kekuatan dan otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik.


Malam yang hening dan tenang menunjang konsentrasi seseorang. “sesungguhnya bangun diwaktu malam adalah lebih mengena dan bacaannya lebih berkesan. Pada siang hari engkau mempunyai urusan yang panjang. Sebutlah nama Tuhanmu dan beribadalah kepadaNya dengan penuh ketekunan.” (QS. Al-Muzzammil:1-8)

Rasulullah memberitahu kita, “sedekat-dekatnya Rabb dengan hamba adalah waktu pertengahan malam yang akhir. Jika kamu sanggup berzikir pada waktu itu, lakukanlah.” (HR Tirmidzi, Abu Daud, dan Nasai)


Dalam hadits lain, Rosulullah menuturkan bahwa sebelum terbit fajar, selalu ada dua malaikat yang menyeru, “adakah orang yang ingin bertobat? Jika ada, pasti diterima tobatnya. Adakah orang yang meninginkan sesuatu? Jika ada, pasti diberi, dan adakah orang yang beristigfar? Jika ada, pasti diampuni.”
Lalu, Rasulullah menyeru, “Sambutlah uluran Allah ini (dengan shalat tahajud).”

Keutamaan shalat tahajud

Sumber kemuliaan abadi
Pengundang Rahmat Allah
Penyebab permohonan dikabulkan
Penghapus dosa dan kesalahan
Ahli Zikir
Mencintai dan dicintai Allah

Rasulullah menuturkan: Jibril mendatangiku dan berkata :
“Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya; lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya” (HR Al-Hakim dan Baihaqi)

“Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin adalah sholat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.”(HR Al-Hakim dan Baihaqi)

Orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami adalah yang apabila diingatkan dengannya mereka tersungkur sujud, bertasbih, memuji Tuhan, serta tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya…” (QS. Al-Sajadah: 15-16)

Sampaikan fadhilah Sholat Tahajud ini kepada semua kaum muslimin dan Hamba Allah SWT















teks by nur_syamsudien@yahoo.com

No comments: