Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 12
KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

A. Pengertian Kurikulum
Menurut Addamardasyi Sarhan dan Munir Kamil, kurikulum adalah “sejumlah pengalaman pendidikan, kebudayaan, sosial. olah raga, dan kesenian yang disediakan oleh sekolah bagi peserta didiknya di dalam dan di luar sekolah dengan maksud menolong untuk berkembang secara menyeluruh dalam segala segi dan dapat mengantarkan akan adanya tingkah laku pada peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

B. Dasar Kurikulum Pendidikan Islam
1. Dasar Agama
Dasar ini hendaknya menjadi ruh dan target tertinggi dalam kurikulum. Dasar agama dalam kurikulum pendidikan Islam jelas didasarkan pada Al Qur’an, Al Sunnah, dan sumber-sumber yang bersifat furu’ lainnya.
2. Dasar Falsafah
Dasar ini memberikan pedoman bagi tujuan pendidikan Islam secara filosofis.
3. Dasar Psikologis
Dasar ini memberikan landasan dalam perumusan kurikulum yang sejalan dengan ciri-ciri perkembangan psikis peserta didik.
4. Dasar Sosial
Dasar ini memberikan gambaran bagi kurikulum pendidikan Islam yang tercermin pada dasar sosial yang mengandung ciri masyarakat Islam dan kebudayaannya.

C. Prinsip Kurikulum Pendidikan Islam
Prinsip-prinsip yang harus menjadi acuan kurikulum pendidikan Islam antara lain meliputi:
1. Berorientasi pada Islam, termasuk ajaran dan nilainya.
2. Prinsip menyeluruh atau universal, yaitu muatan kurikulum hendaknya berlaku secara menyeluruh.
3. Prinsip keseimbangan yaitu muatan kurikulum hendaknya memuat ilmu dan aktivitas belajar secara berkesinambungan pada jenjang pendidikan yang ditawarkan.
4. Prinsip interaksi antara kebutuhan peserta didik, pendidik dan masyarakat.
5. Prinsip pemeliharaan perbedaan individual antar peserta didik.

D. Kurikulum dan Tujuan Pendidikan
Pemakaian suatu kurikulum pendidikan bersifat tempat terbatas oleh tempat, waktu, falsafah yang dianut, dan kebutuhan masyarakat. Selain itu kurikulum hanya memebrikan seperangkat paket untuk kehidupan manusia di dunia. Kurikulum seperti ini jelas tidak sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk yang bertuhan, dimana peserta didik harus mempertanggung jawabkan semuanya dihadapan Allah.

E. Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Pendidikan Islam
Falsafah pendidikan Islam berdasarka Al Qur’an sebagai sumber utamanya dan otomatis menajdikan Al Qur’an sebagai sumber utama dalam penyusunan kurikulumnya. Al Qur’an Al Karim adalah kitab terbesar yang menjadi sumber filsafat pendidikan dan pengajaran bagi umat Islam. Sudah seharusnya kurikulum pendidikan Islam disusun sesuai dengan Al Qur’an Al Karim dan Al Hadist untuk melengkapinya. Di dalam Al Hadist terdapat kerangka dasar yang dapat dijadikan sebagai pedoman operasional dalam penyusunan kurikulum pendidikan Islam. Kerangka tersebut yaitu tauhid dan perintah membaca.

F. Klasifikasi Ilmu dalam Kurikulum Pendidikan Islam
Para ahli pikir muslim telah banyak memberikan pandangan tentang apa saja yang harus diketahui dan dipelajari oleh manusia selaku hamba Allah, anggota masyarakat, dan selaku pribadi berakhlak susila. Diantaranya adalah:
1. Al Ghazali membagi ilmu pengatahuan menjadi tiga kelompok ilmu yaitu:
a. Ilmu yang tercela banyak atau sedikit.
b. Ilmu yang terpuji banyak atau sedikit.
c. Ilmu yang terpuji pada taraf tertentu yang tidak boleh dialami.
2. Ibnu Kaldum membagi ilmu menjadi tiga macam, yaitu:
a. Ilmu lisan (bahasa) yaitu ilmu lugha, nahwu, bayan, dan sastra atau sya’ir
b. Ilmu naqli yaitu ilmu yang diambil dari kitab suci dan sunnah nabi.
c. Ilmu aqii yaitu ilmu yang dapat mengembangkan daya pikir atau kecerdasannya.
3. Ibnu Sina membagi ilmu pengetahuan menjadi dua jenis, yaitu:
a. Ilmu nadhari (teoritis) yaitu ilmu alam, ilmu matematika, dan ilmu Ilahi.
b. Ilmu amali (praktis) yaitu ilmu yang membahas tentang tingkah laku manusia.
4. Abdurrahman Saleh Abdullah mengkategorikan pengetahuan menjadi tiga kategori, yaitu:
a. Materi pelajaran yang dikaitkan dengan Al Qur’an dan Hadist.
b. Materi-materi ilmu kemanusiaan.
c. Materi-materi ilmu kealaman.
5. Konferensi Pendidikan Islam
Kerangka dasar kurikulum pendidikan Islam dikembangkan atas beberapa kategori, antara lain yaitu:
a. Al Qur’an dan Sunah.
b. Sirah nabi Muhammad.
c. Tauhid.
d. Ushul Fiqh.

No comments: