Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sumber daya alam yang berkualitas adalah sumber daya manusia, maka diperlukan peningkatan sumber daya manusia Indonesia sebagai kekayaan negara yang kekal dan sebagai investasi untuk mencapai kemajuan bangsa. Salah satu investasi untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tingkat perguruan tinggi. Pendidikan dasar merupakan pondasi untuk pendidikan selanjutnya dan pendidikan nasional. Untuk itu aset suatu bangsa tidak hanya terletak pada sumber daya alam yang melimpah, tetapi terletak pada sumber daya alam yang berkualitas.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003 pasal 3 menyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional maka dirumuskan tujuan pendidikan dasar yakni memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah (pasal 3 PP nomor 28 tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar).
Untuk mencapai tujuan pendidikan, diperlukan pembelajaran sebagai jembatan perantara. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Kualitas pembelajaran akan sangat mempengaruhi kualitas pendidikan pada umumnya dan anak didik pada khususnya.
Pembelajaran yang baik akan diperoleh jika ada kerjasama yang baik antara guru dan anak didik. Namun pada kenyataannya, banyak dijumpai masalah-masalah yang timbul baik dari pihak guru maupun pihak anak ataupun dari pihak luar yang juga berdampak pada psikologis anak yang akhirnya berpengaruh terhadap proses belajar dan pembelajarannya di kelas. Masalah-masalah tersebut acapkali mengganggu keberlangsungan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak bisa berlangsung dengan baik.
Untuk itulah agar pembelajaran berlangsung dengan baik, maka masalah-masalah yang muncul khususnya yang dari pihak anak, harus segera ditemukan akar penyebabnya dan dicarikan jalan keluarnya. Sebaiknya, kegiatan dalam pembelajaran yang dirancang oleh guru, selain untuk mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam konteks kegiatan belajar mengajar, juga harus dapat membantu anak menjadi pribadi yang percaya diri dan dapat menghadapi semua masalah-masalah hidupnya dengan tegar.

B. Rumusan Masalah
1. Gejala masalah apa saja masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran?
2. Bagaimanakah cara mengatasi gejala-gejala masalah tersebut?

C. Tujuan
1. Untuk mendeskripsikan gejala-gejalan masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran.
2. Untuk mengatasi gejala-gejala masalah tersebut

No comments: