Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 9
TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

A. Pengertian Tujuan
Tujuan, menurut Zakiah Daradjat, adalah sesuatu yang diharapkan tercapai setelah suatu usaha atau kegiatan selesai. Sedangkan menurut H.M. Arifin, tujuan itu bisa jadi menunjukkan kepada futuritas yang terletak suatu jarak tertentu yang tidak dapat dicapai kecuali dengan usaha melalui proses tertentu.
Hubungan antara tujuan dan nilai dapat dianggap tujuan pendidikan itu sebagai nilai yang disukai untuk melaksanakannya. Dan masalah tujuan dalam pendidikan, terutama sekali maslah nilai, itu karena pendidikan mengandung pilihan bagi anak tertentu, kemana perkembangan murid tertuju.

B. Tahap-Tahap Tujuan
Abu Ahmad mengatakan bahwa tahap-tahap tujuan pendiidkan Islam meliputi tujuan tertinggi (terakhir), tujuan umum, tujuan khusus, dan tujuan sementara.
1. Tujuan Tertinggi (Terakhir)
Tujuan ini bersifat mutlak, tidak mengalami perubahan dan berlaku umum karena sesuai dengan konsep ketuhanan yang mengandung kebenaran mutlak dan universal. Tujuan tertinggi tersebut dirumuskan dalam satu istilah yang disebut “insan kamil”. Dalam tujuan pendidikan Islam, tujuan tertinggi (terakhir) ini pada akhirnya sesuai dengan tujuan hidup manusia,dan peranannya sebagai makhluk ciptaan Allah.
2. Tujuan Umum
Tujuan umum bersifat empirik dan realistic. Tujuan umum berfungsi sebagai arah yang taraf pencapaiannya dapat diukur karena menyangkut perubahan sikap, perilaku dan kepribadian peserta didik.
Tercapainya self realisation yang utuh merupakan tujuan umum pendidikan Islam yang proses pencapaiannya melalui berbagai lingkungan atau lembaga pendidikan, baik pendidikan keluarga, sekolah atau masyarakat secara formal, non formal maupun informal.
3. Tujuan Khusus
Tujuan khusus adalah pengkhususan atau operasional tujuan tertinggi (terakhir) dan tujuan umum (pendidikan Islam). Tujuan khusus bersifat relatif sehingga dimungkinkan untuk diadakan perubahan dimana perlu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan selam tetap berpijak pada kerangka tujuan tertinggi (terakhir) dan umum itu.
4. Tujuan Sementara
Tujuan sementara adalah tujuan yang dikembangkan dalam rangka menjawab segala tuntutan kehidupan. Karena itu tujuan sementara itu kondisional, tergantung faktor dimana peserta didik itu tinggal atau hidup. Dengan berangkat dari pertimbangan kondisi itulah, pendidikan Islam bisa menyesuaikan diri untuk memenuhi prinsip dinamis dalam pendidikan dengan lingkungan yang bercorak apapun, yang membedakan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain, yang penting orientasi pendidikan itu tidak keluar dari nilai-nilai ideal Islam.

C. Aspek-Aspek Tujuan
Aspek tujuan pendidikan Islam meliputi emapat hal yaitu tujuan jasmaniah, tujuan rohaniah, tujuan akal, dan tujuan sosial.
1. Tujuan jasmaniah
Tujuan pendidikan perlu dikaitkan dengan tugas manusia selaku khalifah di bumi yang harus memiliki kemampuan jasmani yang bagus disamping rohani yang teguh. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk membentuk manusia muslim yang sehat dan kuat jasmaninya serta memiliki kemampuan yang tinggi.
2. Tujuan Rohaniah (Ahdaf al Ruhyyah)
Tujuan pendidikan rohaniah diarahkan kepada pembentukan akhlak mulia. Tujuan pendidikan ruhiyyah mengandung pengertian “ruh” yang merupakan mata rantai pokom yang megnhubungkan antara manusia dan Allah.
3. Tujuan Akal
Aspek tujuan ini bertumpu pada pengembangan kecerdasan yang berada dalam otak sehingga mampu memahami dan menganalisis fenomena ciptaan Allah di ala mini.
4. Tujuan Sosial
Tujuan ini merupakan pembentukan kepribadian yang utuh dari roh, tubuh, dan akal dimana identitas individu tercermin sebagai manusia yang hidup pada masyarakat yang pliral (majemuk).

D. Ranah Tujuan
Ranah tujuan pendidikan Islam lebih luas dari ranah pendidikan umum. Dalam pendidikan Islam, selain ranah kognitif, afektif dan psikomotor, juga terdapat ranah konatif dan performance. Konatif berhubungan dengan motivasi atau dorongan dari dalam atau disebut niat sebagi titik tolak peserta didik untuk melakukan sesuatu. Sedangkan performance adalah kualitas/kinerja yang dilakukan seseorang.

E. Fungsi Tujuan
Sebelum mencapai tujuan akhir, pendidikan Islam lebih dulu mencapai beberapa tujuan sementara. Fungsi tujuan akhir adalah untuk memelihara arah usaha itu dan mengakhirinya setelah tujuan itu tercapai. Sedangkan fungsi tujuan sementara adalah untuk membantu memelihara arah usaha dan menjadi titik berpijak untuk mencapai tujuan lebih lanjut dan tujuan akhir.

No comments: