Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 22
KH. HASYIM ASY’ARI

A. Riwayat Hidup
KH. Haasyim Asy’ari lahir di Jombang pada tahun 1287 H. Haasyim Asy’ari memulai pendidikannya dengan membaca al Qur’an dan literature-literatur Islam lainnya yang di asuh oleh ayahnya sendiri. Selanjutnya ia memulai pengembaraan pendidikannya ke berbagai pondok pesantren di Indonesia dan kemudian melanjutkan studinya di Mekah dengan berguru pada sejumalah ulama diantaranya, Syaikh Ahmad Amin al Aththar, Sayyid Sultan Ibn Hasyim Sayyid Ahmad Ibn Hasan al Aththar, dan sejumlah ulama lainnya.

B. Karya KH. Hasyim Asy’ari
Tidak banyak para ulama yang menulis buku. Akan tetapi tidak demikian dengan KH. Hasyim Asy’ari. Ia menyusun beberapa kitab diantaranya:
1. Adab al Alim wa al Muta’allim fima Yahtaj Ilah al Muta’alim fi ahuwal Ta’allum wa ma Yataqaff al Muta’alim fi Maqamat Ta’limih.
2. Al Qalaid fi Bayan ma Yajib min al ‘aqaid.
3. Al Tanbihat al Wajibat liman Yashna al Maulid al Munkarad.

C. Pemikiran Hasyim Asy’ari Tentang Pendidikan
Salah satu karya monumental Hasyim Asy’ari adalah Adab al Alim wa al Muta’allim fima Yahtaj Ilah al Muta’alim fi ahuwal Ta’allum wa ma Yataqaff al Muta’alim fi Maqamat Ta’limih. Kitab ini membahas tentang pendidikan khususnya masalah pendidikan etika. Meski demikian tidak mengabaikan aspek pendidikan lainnya. Ia selalu mengemukakan beberapa hadist sebagai dasar pemikran dan penjelasannya. Isi dari kitab tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu signifikansi pendidikan; tugas dan tanggung jawab murid; dan tugas dan tanggung jawab guru.

No comments: