Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 7
PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM

Prinsip pendidikan diambil dari dasar pendidikan baik berupa agama ataupun ideologi negara yang dianut.
Adapun dasar pendidikan Islam adalah al Qur’an dan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW yang merupakan sumber pokok ajaran Islam. Prinsip pendidikan Islam juga ditegakkan di atas dasar yang sama dan berpangkal dari pandangan Islam secara filosofis terhadap jagad raya, manusia, masyarakat, ilmu pengetahuan, dan akhlak. Pandangan Islam terhadap masalah-masalah tersebut melahirkan berbagai prinsip dalam pendidikan Islam.
A. Pandangan Islam yang Dapat Dijadikan Sebagai Dasar Prinsip Pendidikan Islam
1. Pandangan Islam terhadap Jagad Raya
Segala fenomena ala mini adalah hasil ciptaan Allah dan tunduk pada hukum-hukum mekanisme-Nya sebagai sunnatullah. Untuk itu mansuia harus didik agar mampu menghayatai dan mengamalkan nilai-nilai dalam hukum Allah tersebut. Manusia jarus memapu mengorentasika hidupnya kepada kekuatan dan kekuasaan yang berda dibalik penciptaan alam raya serta mengaktualisasikan melalui tingkah laku dan mengfungsionalkan dengan perbuatan. Atas dasar prinsip ini, maka manusia wajib mendasari kehidupannya dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Keimanan ini diperteguh dalam hati dan dinyatakan dalam lisan serta mengfungsionalkan dalm kegiatan hidup.
2. Pandangan Islam terhadap Manusia Sebagai Individu
Prinsip ini memandang manusia sebagai makhluk yang paling mulia karena memiliki harkat dan maretabat yang terbentuk dari kemampuan-kemampuan kejiwaan dimana akal budaya menjadi tenaga penggerak yang membedakannya dengan makhluk lain.
3. Pandangan Islam terhadap Masyarakat
Watak yang dibentuk oleh Allah dalam pribadi manusia adalah apa yang disebut oleh psikologi sosial dengan “homososius” yang memiliki instink suka berkumpul. Dengan kemampuan ini manusia mampu membentuk masyarakat dan mengembangkannya ke arah yang lebih madani.
4. Pandangan Islam terhadap Pengetahuan Manusia
Pengetahuan manusia berbeda-beda dari segi keutamaan, dan nilainya menurut tujuan dan jalannya. Pengetahuan sebagai salah satu asas yang dituju individu dan masyarakat untuk menciptakan dan membinanya sebagai informasi, ide, konsep, dan tafsiran yang diyakini.
5. Pandangan Islam terhadap Akhlak
Pandangan ini mempercayai bahwa akhlak merupakan suatu akal yang terpenting dalam kehidupan dan merupakan buah dari iman dan Islam.Akhlak merupakan kebiasaan atau sikap yang mendalam di dalam jiwa dan merupakan sesuatu yang dapat dipelajari.

B. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam
1. Prinsip Pendidikan Islam merupakan implikasi dari karakteristik (ciri-ciri) manusia
Ajaran Islam mengemukakan empat macam ciri-ciri manusia yang membedakannya dengan makhluk lain yaitu fitrah, kesatuan roh dan jasad, dan kebebasan berkehendak. Untuk lebih rinci, berikut ini adalah ciri-ciri yang dimaksud, yaitu:
a. Agama yang diturunkan melalui rasul-Nya adalah agama fitrah
b. Manusi tersusun dari dua unsure, yaitu roh dan jasad.
c. Manusia memiliki karakter kebebasan berkemauan untuk memiliki dan memutuskan tingkah lakunya sendiri.
2. Prinsip Pendidikan Islam adalah pendidikan Integral
Pendidikan dalam Islam tidak mengenal adanya pemisahan antara sains dan agama. Allah adalah pencipta alam semesta termasuk manusia. Dia pula yang menurunkan hukum-hukum untuk mengelola dan melestarikannya.
Implikasinya dalam pendidikan adalah bahwa dalam Islam tidak dibenarkan adanya dikotomi pendidikan yaitu antara pendidikan agama dan pendidikan sains.Peserta didik harus dapat memahami Islam sebagai a total way of life yang dapat mengatur berbagai aspek kehidupan manusia.
3. Prinsip Pendidikan Islam adalah pendidikan yang seimbang
Pandangan Islam yang menyeluruh terhadap semua aspek kehidupan mewujudkan adanya keseimbangan. Ada beberapa prinsip keseimbangan yang mendasari pendidikan Islam yaitu keseimbangan antara kehidupan duniawi dan ukhrawi, keseimbangan antara badan dan roh, keseimbangan antara individu dan masyarakat. Islam meletakkan beban kewajiban yang berat di atas pundak pendidikan Islam sebab pendiddikan merupakan media strategis dalam menstransformasi sebuah nilai antar manusia.
4. Prinsip Pendidikan Islam adalah pendidikan universal
Prinsip pendidikan universal adalah pandangan yang menyeluruh pada agama, manusia, masyarakat, suku, dan kehidupan. Agama Islam yang menjadi dasar pendidikan Islam bersifat menyeluruh dalam pandangan, penumpuan, dan penafsirannya terhadap wujud, alam dan hidup.
5. Prinsip Pendidikan Islam adalah dinamis
Pendidikan Islam menganut prinsip dinamis yang tidak beku dlam tujuan-tujuan, kurikulum dan metodenya tetapi selalu berusaha untuk memperbaharui diri dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan Islam seyogyanya mampu memebrikan respon terhadap kebutuhan-kebutuhan zaman dan tempat dan tuntutan prinsip-prinsip ajaran Islam yang memotivasi untuk hidup dinamis.

No comments: