Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 13
PENDEKATAN DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM

A. Pengertian Pendekatan, Metode dan Taktik
Dapat dipahami bahwa metode merupakan cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan teknik adalah metode atau system untuk mengerjakan sesuatu. Sedangkan pendekatan adalah pandangan falsafi terhadap subject matter yang harus diajarkan dan selanjutnya melahirkan metode mengajar. Dalam pelaksanaannya metode dalam pendidikan dijabarkan dalam bentuk teknik penyajian bahan pelajaran.
B. Pendekatan Dalam Pendidikan Islam
Pendekatan yang digunakan pendidikan Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu:
1. Pendekatan pengalaman, adalah pemberian pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan sehingga peserta didik mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman keagamaan baik secara individual maupun kelompok.
2. Pendekatan Pembiasaan adalah sutau tingkah laku tertentu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahulu dan berlaku begitu saja yang kadangkala tanpa dipikirkan.
3. Pendekatan Emosional adalah usaha untuk menggugah perasaan dan emosi peserta didik dalam meyakini ajaran Islam serta dapat merasakan mana yang baik dan mana yang buruk.
4. Pendekatan Rasional adalah suatu pendekatan yang menggunakan rasio atau akal dalam memahami dan menerima kebesaran dan kekuasaan Allah.
5. Pendekatan Fungsional adalah usaha memberikan materi agama dengan menekankan kepada segi kemanfaatan pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tingkat perkembangannya.
6. Pendekatan Ketauladanan adalah usaha memperlihatkan ketauladanan baik secara langsung maupun tidak langsung.

C. Metode Pendidikan Islam
Metode pendidikan Islam sangat menghargai kebebasan individu selama kebebasan tersebut sesuai dengan fitrahnya sehingga pendidik dalam mendidik tidak terkesan memaksa peserta didiknya dengan cara yang tidak bertentangan dengan fitrah-Nya. Akan tetapi sebaliknya, pendidik harus bertanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didiknya. Pendidik tidak boleh tinggal diam ketika melihat peserta didik memilih jalan yang salah.
D. Metode Mengajar dalam Pendidikan Islam
Metode mengajar dalam pendidikan Islam sebenarnya dapat saja mengadopsi metode yang dipakai dalam pengajaran umum selama tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip yang mendasarinya.dalam Al Qur’an dan Hadist.

No comments: