Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 6
HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM

A. Pengertian Pendidikan
Dalam perkembangannya. Istilah pendidikan berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa. Dalam perkembangan selanjutnya, pendidikan berarti usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi orang atau sekelompok oaring agar menjadi dewasa dan mencapai tingkat penghidupan yang lebih tinggi. Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan.

B. Pengertian Pendidikan Islam
1. Pengertian Etimologi
Istilah pendidikan dalam konteks Islam pada umumnya mengacu kepada term al tarbiyah, al ta’dib, dan al ta’lim.
a. Istilah al Tarbiyah
Proses pendidikan Islam bersumber pada pendidikan yang diberikan Allah sebagai “pendidik” seluruh ciptaan-Nya, termasuk manusia.
b. Istilah al Ta’lim.
Bahwa fungsi ilmu pada dasarnya menuntut adanya iman, dan iman menuntut adanya amal. Tanpa amal maka ilmu tidak akan berfungsi sebagai alat bagi manusia melaksanakan amanat-Nya sebagai khalifah fi al ardh.
c. Istilah al ta’dib
Al ta’dib bararti pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan ke dalam diri manusia (peserta didik) tentang tempat-tempat yang tepat dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan.

Pendidikan Islam adalah sesuatu system yang memungkinkan seseorang (peserta didik) dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan ideologi Islam. Melalui pendekatan ini, ia akan dapat membentuk kehidupan dirinya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang diyakininya.

C. Pendidikan Islam Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari komponen yang masing-masing berdiri sendiri tetapi masih saling terkait satu dengan yang lain sehingga terbentuk kebulatan yang utuh dalam mencapai tujuan yang didinginkan. Namun dalam pendidikan Islam, terlihat jelas bahwa pendidikan Islam memiliki sistem sendiri yang berbeda dengan sistem pendidikan yang dikembangkan secara umum, terutama di Barat.

D. Perbedaan Sitem Pendidikan Islam dengan Sistem Pendidikan Non Islam
Bila dilihat lebih lanjut, terlihat bahwa titk perbedaan antara system pendidikan Islam dan non Islam terletak pada:
a. Sistem Idiologi
Islam memiliki idiologi al Tauhid yang bersumber pada Al Qur’an dan Sunnah. Sedangkan non Islam memiliki berbagai macam idiologi yang bersumberkan materialism, komunisme, ateisme, sosialisme, kapitalisme, rasionalisme, dan sebagainya.
b. Sistem Nilai
Pendidikan Islam bersumber dari nilai Al Qur’an dan Sunnah. Sedangkan pendidikan non Islam bersumber dari hasil pemikiran, hasil penelitian para ahli, dan adat kebiasaan masyarakat. Nilai-nilai tersebut kemudian dipindahkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
c. Orientasi Pendidikan
Pendidikan Islam berorientasi kepada dniawi dan ukhrawi. Sedangkan pendidikan non Islam berorientasi duniawi semata. Di dalam Islam, antara dunia dan akhirat merupakan satu kesatuan tujuan. Kehidupan dunia adalah media untuk kehidupan akhirat dan akhirat adalah kelanjutan dari dunia. Bahkan kualitas kehidupan akhirat adalah konsekuensi dan kualitas kehidupan dunia. Segala perbuatan muslim dalam bidang apapun memiliki kaitan dengan akhirat.

E. Tugas dan Fungsi Pendidikan Islam
Secara umum tugas pendidikan Islam adalah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dari tahap ke tahap kehidupannya sampai mencapai titik kemampuan optimal. Sementara sebagaipewarisan budaya, tugas pendidikan Islam adalah sebagai alat transmisi unsure-unsur pokok budaya dari sati generasi ke generasi berikutnya sehingga identitas umat tetap terpelihara dan terjamin dalam tantangan zaman.

No comments: