Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 8
DASAR PENDIDIKAN ISLAM

A. Makna Dasar
Bahwa dasar pendidikan sebuah negara adalah disesuaikan dengan filsafat hidup bangsa yang bersangkutan. Hal ini disebabkan karena filsafat suatu bangsa meruapakan refleksi filsafat hidup bangsa itu sendiri. Dalam konteks ini, dasar pendidikan Islam dapat dibedakan atas dasar ideal dan dasar operasional.
B. Dasar Ideal Pendidikan Islam
a. Al Qur’an
Muhammad Fadhil al Jamali menyatakan bahwa: “pada hakikatnya Al Qur’an merupakan perbendaharaan besar tentang kebudayaan manusia terutama bidang kerohanian. Al Qur’an adalah kitab pendidikan, kemasyarakatan, moril, dan spiritual”.
b. Sunnah
Amalan yang dikerjakan Rasulullah dalam proses perubahan hidup sehari-hari menjadi sumber utama pendidikan Islam setelah Al Quran. Hal ini disebabkan karena Allah menjadikan Muhammad sebagai teladan bagi umatnya.
c. Perkataan, Perbuatan, dan Sikap para Sahabat
Sikap dan perbuatan para sahabat serta ijtihad para ulama disebut sebagai dasar tambahan yang dapat dipakai selama tidak bertentangan dengan dasar pokok. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kebijakan pendidikan yang dilakukan para sahabat.
d. Ijtihad
Majlis Muzakarah al Azhar menetapkan bahwa ijitihad adalah jalan yang dilalui dengan semua daya kesungguhan yang diwujudkan oleh akal melaui ijma, qiyas, dan istihsan untuk mengistinbathkan hukum daripada dalil-dalil Al Qur’an dan Sunnah untuk menentukan batas yang ditentukan. Sementara para fuqaha’ mengartikan ijtihad sebagai upaya berpikir dengan menggunakan seluruh ilmu yang dimiliki oleh ilmu syariat Islam dalam hal yang ternyata belum ditegaskan hukumnya oleh Al Qur’an dan hadist.

C. Dasar Operasional Pendidikan Islam
Dasar operasional merupakan dasr yang terbentuk sebagai aktualisasi dari dasar ideal. Menurut Langgulung dasar operasional dapat dibagi enam macam, yaitu dasar historis, dasar sosial, dasar ekonomi, dasr polotik dan administrasi, dasar psikologis, dan dasar filosofis. Keenam dasar operasional tersebut merupakan satu kesatuan yang harmonis. Ketika keenam tersebut diformulasi sebagai dasar operasional pendidikan, maka upaya pendidikan yang dilaksanakanakan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

No comments: