Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 16
KEPRIBADIAN MUSLIM DAN USAHA-USAHA PEMBENTUKANNYA

A. Pengertian Kepribadian
DR. Fadhil Al Djamali menggambarkan kepribadian muslim sebagai muslim yang berbudaya, yang hidup bersama Allah dalam tingkah laku hidupnya dan tanpa akhir ketinggiannya. Dia hidup dalam lingkungan yang luas tanpa batas ke dalamnya, dan tanpa akhir ketinggiannya. Dia mampu menangkap ayat yang menyatakan,
“…Aku akan menunjukkan kepada mereka tanda-tanda kebesaran-Ku di ufuk langit dan di dalam dirinya sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Allah itu benar…” (Muslim Sujadah:41).
Kepribadian muslim seperti yang digambarkan di atas mempunyai hubungan yang erat dalam suatu lingkaran hubungan yang meliputi Allah, alam, dan manusia.

B. Proses Pembentukan Kepribadian
Akhlak yang mulia mengandung konotasi pengaturan hubungan yang baik antara hamba dengan Allah, dengan sesamanya, dan dengan makhluk lainnya.
1. Pembentukan Kepribadian Manusia
Proses ini dapat dibagi dua yaitu:
a. Proses pembentukan kepribadian muslim secara perorangan yang dapat dilakukan melalui tiga macam pendidikan, yaitu pranata educational, yaitu pendidikan yang dilakukan secara tidak langsung dan dimulai disaat pemilihan suami dan istri dari kalangan yang baik dan berakhlak, education by other, yaitu pendidikan yang dialkuakn secara langsung oleh orang lain, dan self education, yaitu pendidikan yang dilakukan melalui kegiatan pribadi tanpa bantuan orang lain.
b. Proses pembentukan kepribadian muslim secara ummah dilakuakan dengan cara memantapkan kepribadian individu muslim dan meyiapkan kondisi dan tradisi sehingga memungkinkan terbentuknya kepribadian ummah.
2. Pembentukan Kepribadian Samawi
Proses pembentukan kepribadian ini dapat dilakukan dengan cara membina nilai-nilai keislaman dalam hubungan dengan Allah SWT. Nilai keislaman dalam hubungan dengan Allah SWT dapat dilakukan dengan cara beriman kepada Allah, mengerjakan perintah dan menjauhi larangannya, bertaqwa kepada-Nya, mensyukuri nikmat Allah dan tidak berputus harapan terhadap rahmat-Nya, selalu berdo’a kepada Allah, mensuci dan membesarkan nama-Nya, dan selalu mengingat Allah.

No comments: