Welcome to My Blog

Welcome to Ard.Fatima's Website

Sunday, December 26, 2010

BAB 15
ALAT ATAU MEDIA PENDIDIKAN

A. Pengertian Alat atau Media Pendidikan
Menurut Vernous, media pendidikan adalah sumber belajar baik berupa manusiadan benda atau peristiwa yang membuat peserta didik memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau perubahan sikap. Pada umumnya mengindikasikan bahwa antara alat dan media tidak bisa dipisahkan dan dibedakan bahkan cenderung menyamakan kedua term tersebut. Di satu sisi, alat kadang-kadang digolongkan sebagai media dan di sisi lain media dapat digolongkan sebagai alat.

B. Jenis Alat Media Pendidikan
Alat pendidikan mencakup pengertian yang luas, yaitu alat yang berupa benda (materi) dan yang bukan benda (immateri). Alat pendidikan yang berupa benda seperti runagan kelas, perlengkapan belajar, dan sejenisnya. Sedangkan yang bukan berupa benda dapat berupa situasi, pergaulan, perbuatan, teladan, nasehat, bimbingan, contoh, teguran, anjuran, ganjaran, perintah, tugas, ancaman maupun hukuman yang digunakan untuk mencapai tujuan. Media atau alat pendiidkan yang bersifat non materi ini memilki sifat yang abstrak dan hanya dapat diwujudkan melalui perbuatan dan tingkah laku seorang pendidik terhadap anak didiknya.

C. Pengaruh Alat atau Media dalam Pendidikan Islam
Dalam pendidikan Islam, alat atau media sangat diperlukan sebab alat atau media pengajaran mempunyai peran yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Menurut Yusuf Hadi Miarso, dkk, menyatakan bahwa alat atau media dalam pendidikan mempunyai nilai-nilai praktis edukatif yang antara lain meliputi membuat konsep abstrak menjadi konkrit, membawa onyek yang sukar didapat ke dalam lingkungan belajar siswa, menampilkan obyek yang trelalu besar, dan menampilkan obyek yang tak dapat diamati oleh mata telanjang.

No comments: